Ponsel cardas atau sering disebut dengan smartphone, kini sedang menjadi trend di kalangan kawula muda, kebanyakan ponsel ini di gunakan muda-mudi hanya untuk ber-facebook ria, twitter, chatting, dan lain-lain. Padahal sebenarnya dibalik fungsi hiburannya, ponsel ini memliki beberapa software yang mampu membuat kawula muda selalu ingin membaca kapanpun dan dimanapun dan otomatis generasi mudah dapat lebih cerdas.

Bagi teman-teman yang mungkin malu dengan ponsel lamanya dan ingin segera mengganti dengan ponsel baru, saya merekomendasikan kepada anda, Nokia e63 atau e71 (untuk spesifikasinya, silahkan langsung klik tulisan link berwarna biru). Selain harganya yang tak terlalu mahal, sekali lagi saya melihat fungsi dari Ponsel ini khususnya pada softwarenya.

Berhubung saya mempunyai ponsel nokia tipe e63, maka saya akan mengungkap fungsi-fungsi ponsel cerdas ini yang dapat membantu kita "lebih cerdas" khususnya teman-teman yang sedang kuliah kedokteran.

  1. Quickoffice, program ini bisa dibilang microsoft office-nya smartphone yang terdiri dari Word (docx), Excel (xlcs), dan Power Point (ptt), Semua format ini mendukung untuk Microsoft office 2007, jadi data-data dari PC anda dalam format di atas dapat dibuka di dalam ponsel ini dan otomatis anda dapat membaca materi kuliah dimanapun dan kapanpun.



2. Adobe Reader, atau sering kita sebut PDF. Kebanyakan elektronik book mempunyai format PDF, jadi perbanyaklah mendownload ebook atau jurnal-jurnal kedokteran, kemudian segera eksport ke ponsel anda.
Usahakan untuk memotong perbagian ebook, lebih baik fokus saja pada bagian yang ingin anda baca, karena adobe reader tidak mempu membaca ebook mempunyai terlalu banyak halaman, jadi pintar-pintarlah memotong dan mencoba!. 
Sebenarnya ada Adobe versi terbaru yang dapat membaca ebook yang halamannya banyak, tapi sayang software ini tidak gratis.

3. Fungsi Kamus (terjemahan inggris,Indonesia,dll). Tak jarang teman-teman akan mendapatkan materi-materi yang dibawakan dalam bahasa inggris, Jadi pintar-pintarlah mencuri kesempatan saat kuliah untuk membuka kamus ini jika teman-teman kesulitan menerjemahkan beberapa kata.

4. Kamera, Meskpun hanya 2MP, menurut saya ini sudah cukup untuk memfoto preparat.
Sebelum masuk keruangan praktikum, Sebaiknya anda meminta izin terlebih dahulu kepada dosen atau asisten dosen, kalau anda akan mengambil foto-foto praktikum sebagai bahan pembelajaran.
Jangan sekali-kali memfoto cadaver (pendonor jasad untuk kepentingan penelitian kedokteran) dengan maksud hanya untuk bermain-main!!. sekali lagi JANGAN!!!.

0 comments

Posting Komentar